Translate

Elemen Buruh Sumut Besok Sudah Gelar Aksi May Day


Medan Foto - Rencananya pada Kamis (28/4/2016) besok,  sejumlah elemen serikat buruh di Sumatera Utara di kabarkan akan menggelar aksi unjuk rasa dalam rangka merayakan hari buruh internasional yang di pusatkan di kota Medan.

Elemen buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara (APBD-SU) dalam surat pemberitahuan aksinya yang di terima awak media ini menyampaikan, akan menggelar aksi unjuk rasa selama dua hari berturut - turut, yakni pada kamis - jumat tanggal 28-29 April 2016.

Sasaran unjuk rasa para buruh nantinya akan mendatangi kantor Gubernur dan kantor DPRD Sumatera Utara. Dalam suratnya juga, APBD-SU  berencana akan mengerahkan massa buruh sebanyak 5000 orang buruh yang bersal dari daerah Kota Medan ,Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai.

Elemen tergabung dalam APBD-SU antara lain : FSPMI Sumut, SBMI Sumut,SBMI Mandiri,SPSI Kahut,Serbundo,SPI dan OPPUK.

Dalam aksinya mereka akan menyampaikan 8 poin tuntutan pada pemerintah, yakni :

1. Tolak PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan.
2. Tolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan.
3. Berikan Perumahan dan transportasi massal bagi buruh secara gratis.
4.Berikan perlindungan hukum bagi buruh perkebunan.
5.Angkat pekerja BHL,Outsourcing dan PKWT menjadi pekerja tetap.
6.Laksanakan kebebasan berserikat dan tindak tegas pelaku pemberangus serikat pekerja di perkebunan kelapa sawit.
7.Tolak krimibalisasi terhadap buruh.
8.Revisi UMK Deli Serdang 2016.

Ketua FSPMI Sumut, Willy Agus Utomo saat di komfirmasi membenarkan pihaknya bersama elemen buruh di APBD-SU akan menggelar aksi may day itu.

" Ya benar , FSPMI tergbung pada APBD-SU akan melakukan aksi may day  di mulai kamis (besok) untuk dua hari berturut-turut" ucap willy saat di hubungi via telpon ,Rabu(27/4/2016) siang.

Ketika ditanya , apakah pada saat 1 mei nanti tidak ada buruh yang menggelar unjuk rasa , Willy mengatakan FSPMI Sumut tetap akan melakukan aksi unjuk rasa damai dengan mengerahkan 2000 anggota FSPMI yang di pusatkan di Medan.

" FSPMI Sumut juga tetap akan melakukan aksi pada 1 Mei 2016 nanti , tujuannya Bundaran Sib Medan , untuk selanjutnya besok kami kabari media lagi teknis nya" katanya mengakhiri. (MF/Int)

0 komentar:

Back to Top