Translate

Ucok Durian, Oleh-Oleh Khas Medan


Medan Foto - Siapa yang tidak kenal Ucok Durian? Bicara Medan tentu tidak akan lengkap jika tidak bicara durian. Bicara durian juga hampir tidak lengkap jika tidak tahu Ucok Durian. Bahkan mereka yang belum pernah sama sekali ke Medan banyak yang sudah pernah mendengar nama Ucok Durian.

Ucok Durian merupakan salah satu gerai durian di Medan. Sebenarnya ada banyak gerai durian di Medan. Bagaimana tidak banyak karena Medan sendiri termasuk salah satu “produsen” durian paling enak se-Indonesia! Sumber durian yang didapat dari berbagai daerah seperti Sibolga, Pematang Siantar dan durian dengan kualitas yang paling mantap berasal dari Sidikalang.

Namun keunikan Ucok Durian ini adalah sudah menjadi semacam trade mark di kota Medan, oleh karenanya tempatnya paling ramai dikunjungi baik oleh warga Medan sendiri ataupun pendatang. Jangan membayangkan pemilik Ucok Durian adalah orang Batak karena terdapat kata “Ucok”. Pemilik Ucok Durian adalah Pak Zainal Abidin Chaniago.

Awal dibukanya Ucok Durian dimulai dari kesederhaan sosok Bang Ucok yang menjadi panggilan Pak Zainal – harganya yang relatif murah yakni sekarang Rp.30.000,- rata-rata perbuah dan bisa tawar-menawar dulunya membuat banyak pengunjung senang untuk datang.
Bagi kamu yang belum pernah ke Medan, tentunya akan dimanjakan oleh ikon wisata kuliner di Medanya yaitu duriannya Ucok Durian.

Sekarang Ucok Durian sudah menempati tempat jual durian yang baru, yakni di Jl. Wahid Hasyim yang tidak jauh dari persimpangan Jl. Gajah Mada Medan.

Sebelumnya berlokasi di Iskandar Muda, di emperan kaki lima yakni di depan pertokoan yang sudah tutup pada malam hari. Ketika toko tutup, Ucok Durian-pun menggelar lapak. Bang Ucok menyulap lokasi tersebut dengan menyediakan meja-kursi sehingga orang-orang nyaman menikmati buah durian di lapaknya. Lokasi Ucok Durian ada di Jalan Iskandar Muda, dekat Pecel Lele Lela. Yang kemudian membuka cabang di Jl. Wahid Hasyim (tepat didepan lokasi yang sekarang) membeli ruko seharga Rp 800 juta dan membuka cabang Ucok Durian di tempat tersebut sehingga pelanggan lebih nyaman.

Anda ingin buah durian yang manis atau sedikit pahit? Biarkan Ucok Durian yang memilihkannya untuk kamu! Musim Durian sendiri adalah sekitar bulan Desember hingga Januari dan di bulan-bulan Maret sampai Mei sebenarnya bukan musim durian. Namun Ucok Durian bisa berdagang durian setiap harinya. Kok bisa? Bang Ucok menuturkan bahwa itulah gunanya pertemanan. Hal ini yang membuat Beliau tidak pernah kekurangan stok durian. Makanya kamu bisa menikmati durian kapan saja dan kapan saja bisa datang ke Medan tanpa takut tidak bisa menikmati buah durian yang lezat ini.

Untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh durian bisa memesan durian dengan cara di-packing sedemikian rupa sehingga tidak menyengat dan bisa dibawa ke pesawat. Ucok Durian menawarkan paket durian tersebut yakni dengan cara ditutup kertas dan ditaburi kopi di atas kertas tersebut. Harganya wadah tersebut antara 100ribu hingga 400 ribu. (CM/Int)

0 komentar:

Back to Top