Translate

Buruh Memperingati Hari May Day


Medan Foto - Ribuan buruh dari berbagai aliansi disumatera utara,  mengelar aksi unjuk rasa, dalam aksinya ribuan buruh melakukan aksi may day atau hari buruh sedunia dibundaran gatot subroto medan, dengan tuntutan tolak sistem outsourching dan upah murah

Sebelum berorasi dibundaran gatot subroto medan. Ribuan dari berbagai aliansi buruh di sumatera utara melakukan aksi longmach disejumlah ruas jalan diinti kota medan, aksi ini sebagai bentuk memperingati hari buruh sedunia yang jatuh pada 1 mei hari ini.

Selain melakukan longmach, ribuan buruh juga mengelar aksi damai untuk memperingati hari buruh sedunia dibundaran gatot subroto medan, sebagai betuk gagalnya pemerintahan presiden jokowi- jk dalam memipin negara ini terutama terhadap kaum buruh.

Ribuan buruh dari berbagai aliansi ini membentangkan spanduk dan poster tuntutan dalam menggelar aksi may day.  

Dalam aksinya buruh menuntut tolak kenaikan upah minimum per dua tahun, jalankan jaminan kesehatan gratis,jalankan jaminan pensiun per satu juni/revisi permenaker tentang outsourcing, turunkan harga sembako dan tolak kenaikan bahan bakar.

Aksi unjuk rasa ribuan buruh ini dikawal ketat oleh petugas keamanan untuk menjaga terjadinya tindakan anarkis atau kekerasan dalam melakukan aksi hari buruh sedunia.

Ketua aksi, muslim, mengatakan, aksi ini untuk mengambil hak hak yang dimiliki buruh dan berharap pemerintah menghapus pp 78 karena sangat memberatkan kaum buruh dengan mendapatkan upah lima tahun sekali.

Dalam memperingati hari buruh internasional atau may day yang jatuh pada hari ini, sebanyak 16 aliansi serikat buruh di sumatera utara hari ini turun kejalan untuk menyapaikan tuntutannya. Selain itu, para buruh juga mengencam apabila tuntutan mereka tidak dipenuhi presiden jokowi mereka akan melakukan aksi yang lebih besar lagi. (MF/MF)

0 komentar:

Back to Top