Translate

Inilah 5 Cara Strees yang Dapat Picu Serangan Jantung


Stres selalu menjadi bagian dari kehidupan Anda. Jika tidak dikontrol dengan baik, maka stres bisa menyebabkan masalah emosional, psikologis, dan fisik. Salah satu anggota tubuh yang rentan akan pengaruh stres adalah jantung. Jantung Anda bisa mengalami tekanan darah tinggi, stroke, nyeri, dan detak jantung yang tidak teratur.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah pengaruh stres ke jantung yang wajib untuk Anda ketahui.

Penyumbatan pembuluh darah
Serangan jantung sering terjadi ketika arteri koroner atau pembuluh darah Anda tersumbat sehingga memotong aliran darah yang ke jantung. Penurunan suplai darah ini mampu menyebabkan kerusakan pada jantung dan jaringannya.

Rusaknya pembuluh darah
Tingginya hormon stres yang ada di dalam tubuh yaitu sitokin mampu menyebabkan kerusakan progresif pembuluh darah. Itulah sebabnya ketika stres Anda meningkat, maka Anda juga berpotensi untuk terkena stroke.

Pembekuan darah
Peningkatan stres juga dapat meningkatkan kadar hormon adrenalin dan kortisol. Salah satu dampak yang terjadi adalah pembekuan darah yang mampu meningkatkan risiko serangan jantung.

Tekanan darah tinggi
Tingkat stres tinggi juga dapat menyebabkan tekanan darah Anda meninggi juga. Hal ini bisa menyebabkan Anda terkena serangan jantung sebab tekanan darah ke jantung juga meninggi.

Ketidakseimbangan hormon
Stres merupakan salah satu alasan yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Pada gilirannya, hal ini mampu mempengaruhi proses metabolisme normal tubuh. Proses metabolisme yang terganggu mampu meningkatkan kolesterol yang berujung pada menurunnya kesehatan jantung.


Anda memang tidak bisa terpisah dari stres. Namun jika stres datang, Anda harus belajar untuk mengelolanya. Sebab stres mampu menurunkan organ penting tubuh dan salah satunya adalah jantung. Hasilnya, kesehatan tubuh secara keseluruhan pun dapat terganggu karena stres. (MEDANFOTO/Mda/14)

0 komentar:

Back to Top