Translate

Produksi Pertanian Tanaman Untuk Mensukseskan Program Pemerintah


Medan Foto - Bertujuan meningkatkan produksi pertanian tanaman pangan di daerah Kabupaten Palas, khususnya guna mensukseskan program pemerintah pusat menuju ketahanan pangan pada upaya khusus padi, jagung dan kedele (Upsus Pajale), pada tahun 2016 ini, Pemkab Palas melalui Distan Palas alokasikan dan sebesar Rp.3,8 miliar untuk pembangunan sarana irigasi persawahan, sarana pertanian dan pengadaan alat mesin pertanian (Alsintan).

"Alokasi dana sebesar Rp.3.811.070.000 untuk kegiatan pembangunan embung, irigasi dan alsintan itu, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp. 3.353.370.000 dan dana alokadi umum (DAU) sebesar Rp. 457.700.000," sebut Kepala Distan Palas Ir. H. Abdullah Nasution melalui Kabid Rehabilitasi Lahan Pardomuan Hasibuan didampingi Kasi Rehabilitadi Lahan, Sudirman, SP, kepada Media, Senin (25/4).

"Ada sebanyak 19 rencana kegiatan yang akan kita kerjakan di tahun ini bersumber dari dana DAK, yakni, empat kegiatan pembangunan dan lanjutan pembangunan embung dan saluran irigasi di Kecamatan Huristak, masing-masing di Desa Tanjung Morang, Gunung Matinggi, Tobing Julu dan Desa Binanga Tolu," sebutnya.

Selanjutnya, di Kecamatan Sihapas Barumun ada empat lokasi rencana kegiatan pembangunan embung dan saluran irigasi, masing-masing di Desa Tanjung Morang, Ujung Gading, Balangka dan Desa Simaninggir.

"Di Desa Gunung Manaon, Kecamatan Barumun Tengah dan di lokasi dua desa di Kecamatan Aeknabara Barumun, yaitu Desa Aek Bonban dan Desa Marenu, juga direncanakan pembangunan embung dan saluran irigasi itu," paparnya.

Kemudian, lanjutnya, pembangunan empat paket jalan usaha tani, masing-masing berlokasi di Desa Sigorbus Julu Kecamatan Barumun, Desa Sayur Mahincat dan Desa Panarian Kecamatan Barumun Selatan, serta satu paket lagi di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun.

"Pembangunan tiga paket dam parit dan saluran irigasi, masing-masing di Desa Hasahatan Jae dan Desa Binabo Jae  Kecamatan Barumun, juga di Desa Siraisan Kecamatan Ulu Barumun. Terakhir, pembangunan satu paket lumbung pangan di Desa Marenu Kecamatan Aeknabara Barumun," jelasnya.

Sedangkan dari DAU, tambahnya, ada sebanyak empat paket kegiatan, yaitu, dua paket pembangunan saluran irigasi, masing-masing di Balai Banih Balangka Sitongkon dan di Desa Siundol Jae Kecamatan Sosopan. "Serta pengadaan satu unit power thresear dan satu unit handtracktor roda dua," tutupnya. (UTN/Int)

0 komentar:

Back to Top