Translate

Inilah Tiga Kandidat Peraih Ballon d'Or


Swiss - FIFA resmi mengumumkan tiga kandidat peraih Ballon d’Or 2014. Ketiga pemain terpilih adalah Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid), Lionel Messi (Argentina/Barcelona), dan Manuel Neuer (Jerman/Bayern Munich) yang akan bersaing merebut penghargaan individu paling bergengsi sejagat itu.
    
Ronaldo memiliki peluang paling besar ketimbang Messi atau Neuer. Musim lalu, CR7 adalah sosok penting Real Madrid yang menjadi kampiun Liga Champions. Tak hanya sukses di level klub, Ronaldo juga memecahkan rekor pencetak gol terbanyak Liga Champions dalam semusim, yakni 17 gol.

Sementara itu, Messi diragukan bisa menggondol trofi Ballon d’Or kelimanya tahun ini. Meski menyentuh performa top dalam beberapa minggu terakhir, striker Argentina itu gagal membawa Barcelona merengkuh gelar musim lalu.
    
Meski gagal bersinar di level klub, torehan individu Messi justru kian menumpuk karena sukses mematahkan banyak rekor. Pekan lalu, Messi baru saja didaulat sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions dan La Liga.
   
Adapun Neuer untuk pertama kalinya masuk tiga besar finalis Ballon d’Or. Sang kiper juga berpeluang menjadi penjaga gawang pertama sejak 1963 yang menjadi pesepakbola terbaik dunia, setelah sebelumnya ada Lev Yashin.
   
Prestasi Neuer antara lain adalah Bundesliga dan DFB Pokal bersama Bayern Munich. Kemudian yang terbaik adalah membawa Timnas Jerman yang menjadi jawara Piala Dunia 2014 di Brazil lalu.
     
Terlepas itu, disebutkan masih ada nama lain yang dianggap pantas meramaikan persaingan Ballon d’Or 2014. Pemain dimaksud adalah winger lincah milik Bayern Munich asal Belanda, Arjen Robben. Meski Neuer menjadi finalis, Karl-Heinz Rummenigge menyatakan Robben juga layak masuk hitungan.
    
Bos Munich itu percaya performa Robben dalam 12-18 bulan terakhir pantas didaulat setidaknya sebagai pemain terbaik ketiga di dunia. Prestasi Robben antara lain membawa De Oranje menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2014, setelah sebelumnya sukses membawa Bayern meraih gelar Bundesliga dan DFB Pokal.
   
“Fakta bahwa Arjen Robben gagal menjadi tiga besar adalah keterlaluan. Sulit untuk bermain lebih baik darinya sepanjang satu hingga setengah tahun yang lalu,” kata Rummenigge, Selasa.
    

Di kategori wanita, FIFA memilih Nadine Kessler (Jerman), Marta (Brazil), dan Abby Wambach (AS). Tiga pelatih yang akan bersaing sebagai juru taktik terbaik tahun ini adalah Carlo Ancelotti (Italia/Real Madrid), Joachim Loew (Jerman/Timnas Jerman), dan Diego Simeone (Argentina/Atletico Madrid). (MEDANFOTO/Was/14)

0 komentar:

Back to Top