Translate

1% Orang Super Kaya Menghabiskan Rp.13 Triliun Per Tahun


Sebuah situs melaporkan angka gabungan pertumbuhan kekayaan dari para taipan tahun lalu sekitar tujuh persen dan saat itu bernilai hanya di bawah Rp 366 ribu triliun. Namun setahun belakangan mencapai Rp 391 ribu triliun atau naik Rp 25 ribu triliun.

Hal paling mengejutkan yakni total kekayaan orang-orang super kaya itu hampir dua kali lipat produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat. Saat ini para taipan itu memiliki pendapatan bersih diatas Rp 366 miliar, juga meningkat sebesar enam persen dibanding tahun lalu.

Angka tersebut hanya berkisar 0,004 persen dari populasi orang dewasa di dunia. Namun mereka menguasai kekayaan hampir 13 persen dari total kekayaan dunia. Rata-rata satu orang super kaya menghabiskan lebih dari Rp 13 triliun per tahun untuk jasa dan barang-barang mewah, mulai dari makanan, perjalanan, baju, hingga minuman beralkohol.

Mereka menghabiskan kurang lebih Rp 488 miliar untuk mobil, Rp 281 miliar untuk penerbangan pribadi, Rp 268 miliar untuk kapal mewah, dan Rp 97 miliar untuk minuman beralkohol. Perempuan tajir lebih banyak menghabiskan uang ketimbang para lelaki. Dalam laporan tersebut, populasi pria kaya yakni 183.810 dan wanitanya 27.465.

Jumat, Amerika Utara dan Eropa merupakan negara yang dominan dengan penduduk terkaya dan Amerika Serikat adalah negara terkaya sejagat. Di Amerika ada 69.560 taipan dengan kekayaan Rp 117 ribu triliun per orang.


Menurut data Wealth X dan UBS World Ultra Wealth dilaporkan berdasarkan angka antara Juli 2013-Juni 2014, populasi orang tajir di dunia mencapai 250.000 selama lima tahun kedepan. Asia di prediksikan sebagai wilayah dengan pertumbuhan kekayaan tercepat dan dapat mengalahkan Eropa dalam satu dekade ke depan. (MEDANFOTO/Mda/14)

0 komentar:

Back to Top